Hoby Mancing Ikan

Tempat berbagi pengalaman sesama peng hoby mancing

Friday, March 27, 2015

Rahasia mancing ikan mas di danau

Tehnik rahasia mancing ikan mas di danau terungkap
Rahasia Mancing Ikan Mas di Danau

Temen saya macing ikan di Danau Saguling selalu dapat ikan banyak dan besar besar, rasanya belum pernah gagal, lalu sy tanya apa rahasianya. Saking penasaran saya nanya sudah berkali kali tapi tidak pernah dia mau kasih saya penjelasan gimana caranya mancing ikan mas di danau yang paling jitu karena saya sering sekali mancing ikan mas di danau ga dapat ikan sama sekali. Setiap kesempatan saya selalu nanya apa rahasia mancing ikan mas yang dia pakai ko selalu dapat ikan banyak.

Susah payah dan usaha tanpa henti akhirnya Yayan temen saya ini mau membuka rahasia mancing ikan mas di danau yg selama ini dia rahasiakan selama ber tahun tahun, itupun karena istrinya tidak suka dia mancing terus sehubungan istrinya sedang hamil muda. Beruntung moment itu ane manfaatkan untuk mendesak dia ngeluarin rahasia mancing nya. Ternyata rahasia mancing ikan mas yang Yayan punya sederhana saja, tadinya aku pikir pake ilmu gaib atau jampe jampe mancing atau jimat mancing namun ternyata hanya tehnik semata yang sungguh masuk akal dan logis.

Rahasia mancing ikan mas di danau





Langsung saja kita jelaskan rahasia temen saya kang Yayan sampai bisa dapat ikan mas di danau atau waduk cirata dan Waduk Saguling Jawa Barat dan tidak pernah gagal mancing yg tadi saya bilang sederhana saja yakni dgn cara bikin cekungan atau lubang jebakan ikan mas, mengapa jebakan berupa cekungan ini bisa sangat efektif atau manjur nanti akan dijelaskan dibawah. Cekungan ini kita buat sedaslam setengah meter dan lebar setngah meter juga atau sekitaran ukuran tersebut. Lalu tunggu hingga air tidak keruh atau tunggu hinga mengendap, setelah itu simpan bom umpan atau pakan yg kita gulung sebesar kepalan tangan orang dewasa. Semakin bagus umpan kita maka akan semakin mudah menari perhatian ikan mas, untuk jenis umpan ikan mas paling jitu kita akan bahas dipostingan yang lain untuk itu silahkan bikin komen juga dibawah postingan lalu sebarkan juga ke temen FB dll dan minta juga kasih saran masukan atau bila punya rahasia mancing boleh juga kirim ke saya nanti dimasukan ke blog ini agar banyak kawan kita merasa senang karena dapa banyak ilmu. Biasanya tak lama ikan mas akan berkumpul ditempat ini dan mulailah lempar joran didekat lubang cekungan yg telah kita buat ini.

Untuk membuat cekungan ini kita perlu turun kedalam danau dan carilah yg memiliki kedalaman terjangkau dan jangan lebih dari 2m kedalamanya karena bila kedalaman lebih dari dua meter maka kita akan sulit untuk membuat lubang cekungan ini. Biasanya kang Yayan lepas baju hanya pakai kolor saja lalu nyemplung kedanau lalu bikin lubang dgn kaki di injak injak hingga terbentuk lubang cekungan ini. Carilah lokasi yg memiliki struktur tanah empuk namun tidak terlalu lunak berlumpur, tujuanya mudah membuat lubang namun tidak cepat hancur karena biasanya di danau ada arus yg bisa bikin lubang yg telah kita buat tertutup kembali oleh tanah lumpur.

Air disekitar lubang akan mengendap biasanya kurang dari satu jam tergantung kondisi air dan juga arusnya. Setelah kondisi air tenang dan tidak keruh maka saat itulah kita mulai hajar ikan yg telah mendekati bom umpan didalam cekungan tadi. Esens yg biasanya digunakan dalam campuran pakan boleh juga kita gunakan tergantung daerah dan karakter ikan mas tsb karena ada juga ikan mas yg telah garung dan tidak tertarik dgn esens tertentu, untuk itu kita juga memerlukan uji coba esen mana yg paling cocok untuk ikan didaerah tsb.

Mengapa ikan mas tertarik dgn cekungan





Sifat alami ikan berbeda beda antara ikan satu dgn jenis ikan lainya, ikan mas memiliki sigat alami yg menyukai cekungan dalam tanah yg sekitarnya rata atau flat datar. Ikan mas beranggapan bahwa disitulah tempat makanan berkumpul dan entah mengapa selalu saja ikan mas bisa menemukan lubang yg kita buat. Bahkan cekungan tanpa umpan pun sering sekali disinggahi ikan mas apalagi cekungan ini telah kita beri umpan banyak2 sehingga kita sebut bom umpan, tentu saja ikan mas semakin senang dgn lubang cekungan ini dan dipastikan kita akan lebih mudah memancing ikan mas yg sedang berkumpul dari pada memancing ikan mas yg bertebaran sendiri senidiri tanpa adanya penarik bagi ikan mas.

Demikianlah  rahasia mancing ikan mas di danau yg saya dapat dari teman saya kang Yayan yang memang rumahnya dekat dgn waduk atau danau Saguling Jawa Barat. Sejak kecil kang Yayan senang mancing dan sedah mancing dari dulu. Rekor ikan terbesar yg pernah dia dapat adalah 25Kg. Menurut kang Yayan perlu waktu hingga 5jam untuk menghajar ikan sampai kedarat, dan joran yg digunakan untuk menarik ikan 25Kg inipun seperti dijadikan jimat olehnya, namun sayang disayang saat ini joran jimat itu telah hilang entah kemana. Rupanya sekian dulu sharing saya kali ini dan saya berharap sekali kawan kawan pecinta mancing di seluruh tanah air bahkan dimanca negara sana bisa juga memberikan tehnik atau rahasia mancing ikan yg dimilikinya agar pengetahuan kita akan mancing semakin tebal dan memudahkan kita untuk berburu ikan kesayangan kita. Boleh juga sampaikan pertanyaan dan tanggapan baik via kolom komen dibawah ini atau melalui FB khusus mancing disini https://www.facebook.com/pages/Hobby-Mancing-Ikan/687245474754384


  











Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rahasia mancing ikan mas di danau

0 comments: