Hoby Mancing Ikan

Tempat berbagi pengalaman sesama peng hoby mancing

Monday, August 25, 2014

Cuaca laut buruk bikin mikir dua kali mau mancing



Ampun deh kalo liat berita kaya gini suka mikir dua kali mau mancing ke laut. Susah banget banget kalo sdh hobi mancing pengenya dilaut terus, gapeduli laut lagi ombak tinggi kaya di berita berita di tv. Liat koran juga sama aja pada beritain soal ombak laut yang sedang tinggi sampai nelayan juga pada takur turun ke laut, kalo nelayan aja takut kelaut apalgi kita yang jarang kelaut heheheee.

Tapi memang demikian cuaca dilaut, mereka punya musim sendiri dan punya siklus sendiri yang berbeda dgn darat. Dalam satu tahun ada tiga kali sampai empat kali paceklik krn ombak besar. Apalagi kalo laut utara jawa kadang malah ada rob yang tiba tiba banjir ke darat, tapi apapun kendalanya bagi seorang pemancing itu hanya semakin membuat tantangan yang menarik dan memacu adrenalin.

Nih liat aja berita di berbagai sumber, jadi kasian ke nelayan yah…
Dari suara merdeka bilang:
 Dampak bln. besar serta pergantian cuaca yang berjalan sekian hari ini (16/6) bikin air laut gunakan. Gelombang pada pantai selatan di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri juga meninggi sampai 6-7 mtr.. Mengakibatkan, beberapa nelayan tradisional di kecamatan itu takut berburu lobster.

Ketua Koperasi Nelayan Parang Bahari Paranggupito, Dwi Hartono mengungkap, air gunakan bikin beberapa nelayan tak berani melaut. Demikian juga dengan beberapa nelayan tradisional pemburu lobster serta rumput laut. Mereka tak berani menuruni tebing-tebing pantai untuk mencari lobster lantaran takut dengan empasan ombak yang besar.

" Kami barusan lihat ke Pantai Kalimirah (Paranggupito). Airnya tengah gunakan. Hingga seluruhnya pasir di pantai itu tertutup air gunakan. Nelayan di Pantai Sadeng (DIY) juga tak berani melaut lantaran ombak tinggi, " kata Dwi yang juga Sekretaris Desa Paranggupito itu.


Dia menerangkan, pemburu lobster tak berani lakukan aktifitasnya. Karena, mereka mesti terlebih dulu mencari binatang-binatang laut di basic tebing juga sebagai umpan memancing lobster. " Umpan lobster itu berbentuk kerang-kerangan, usal serta siput laut yang ada di pinggir laut. Walau sebenarnya, laut tengah gunakan. Diluar itu, krendet (perangkap lobster) juga bakal kecantol lantas putus bila terserang ombak besar, " katanya.

Walau sebenarnya, harga lobster saat ini naik seputar 25% dari umumnya. Harga lobster type mutiara kwalitas paling baik umumnya sekitar Rp 300. 000 per kg. " Harga nya naik mungkin saja lantaran memanglah produksinya alami penurunan disebabkan gelombang tinggi ini, " paparnya.


Belum lagi dari sumber berita yang lain yang ngobrolin soal ombak tinggi waduh jadi makin bete aja. Tadinya pengen mancing dgn santai malah kejar kejaran sama ombak tinggi deh. Yaudah ngalah aja nunggu ombak reda baru kita hajar turun laut sampai puas. Ada yang mau ikutttttttttttttttttttttttttttt????? Ngacung.. Hehehee

Jangan ngacung tapi komen dibawah ini ya, biar makin rame




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cuaca laut buruk bikin mikir dua kali mau mancing

0 comments: