Hoby Mancing Ikan

Tempat berbagi pengalaman sesama peng hoby mancing

Friday, March 27, 2015

Mancing ikan




Gambar mancing tertua di dunia
Gambar mancing tertua di dunia
Mancing ikan ternyata adalah hoby paling tua didunia dan bisa bikin sehat fisik dan mental dan hoby mancing bisa dikatakan merupakan hoby paling murah terutama bila dibandingkan dgn hoby otomotif, hoby audio, hoby golf, hoby koleksi benda seni dll. Merupakan sebuah olah raga karena memang memerlukan dukungan fisik yang baik dan juga kegiatan mancing sangat menyehatkan badan serta pikiran. Orang yang hoby mancing akan mendapat kesenangan yg luar biasa ketika sedang mancing, baik mancing darat apalagi mancing laut.

Bahkan ada yang menganggap Mancing ikan lebih utama dibandingkan dgn kegiatan lainya sampai - sampai istri melarang mancingpun diabaikan begitu saja. Bila keinginan mancing telah datang maka sulit sekali divendung dan dihentikan sebelum terlaksana keinginan mancingnya. Tapi saya yakin semua pelanggan blog ini adalah orang orang yang sangat baik dan sayang ke keluarga dan mengutamakan keluarga dibandingkan mancing. Jangan kaya saya yang mengabaikan larangan istri dan tetap saja pergi mancing meski istri ngomel2, hehehee....

Melatih kesabaran

Mancing ikan selain sehat juga bisa melatih kesabaran kita, karena memang kesabaran dalam memancing adalah kunci suksesnya mancing ikan yg kita lakukan. Tanang dan sabar, kita dituntut tenang dan sabar dan tak boleh banyak gejolak ketika sedang memancing ikan, kalo kita tak sabar dan tenang maka tentu saja ikan akan kabur tak mau mendekat karena bagaimanapun juga ikan adalah makluk hidup yg memiliki insting, kadang seolah ikan tau kalau kita sedang terbakar nafsu ingin dapat ikan dan hasilnya malah ikan menjauh pergi dari lapak mancing kita.

Sejak jaman pra sejarah

Banyak sekali kita temukan tanda tanda yg mengindikasikan bahwa mancing telah ada sejak ribuan tahun lalu bahkan sejak jaman pra sejarah. Hal ini dibuktikan dari ditemukanya parung yg menggambarkan seorang sedang memancing. Selain patung juga banyak ditemukan lukisan goa yang menggambarkan orang sedang memancing ikan. Naluri manusia untuk berburu serta kreatifitas manusia mendorong untuk menciptakan berbagai cara untuk mendapatkan ikan dan memancing adalah salah satu cara manusia mendapatkan hewan buruanya yakni ikan.

Berbagai Tehnik mancing

Terdapat banyak sekali cara dan tehnik yang dilakukan manusia dalam memancing, dan juga terdapat variasi alat yg digunakan pula. Dalam artikel lain kita akan bahas mengenai jenis jenis tehnik memancing, terutama jenis mancing laut yg mana memiliki karakter medan yg berbeda dgn mancing di darat yg biasanya dilakukan di kolam, sungai, danau atau tempat ikan lainya. Berbeda ikan target maka akan berbeda pula tehnik mancing yg digunakan. Umpan yg digunakanpun akan berbeda disesuaikan dgn kesukaan ikan atau berdasar makanan alami ikan itu sendiri.


Peralatan mancing modern

Seiring dgn kemajuan tehnologi maka mancing pun memiliki peralatanya senidri yang makin hari semakin maju pula dan semakin memudahkan kita dalam berburu ikan target. Ril adalah piranti modern yg paling banyak dan sebuah keharusan dimiliki oleh setiap orang yg hoby mancing. Rupanya fenomena ini tak disia siakan oleh orang orang yg kreatif untuk membuat piranti mancing yg memudahkan orang mencari ikan. Berbagai reel tersedia dipasaran dgn berbagai macam harga serta kemampuan. Ada reel yang diperuntukan untuk mancing didarat dan ada pula yg di khususkan untuk mancing di laut dgn target ikan terntentu.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mancing ikan

0 comments: